Kamis, 25 Agustus 2011

contoh laporan pertanggung jawaban bidang humas dan advokasi


LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN BIDANG HUMAS DAN ADVOKASI
HIMPUNAN MAHASISWA ELEKTRONIKA (HIMANIKA) FT UNM
PERIODE 2010-2011 BULAN JULI 2010 S/D FEBRUARI 2011
Bismillahirrahmanirrahim
Assalamualaikum Wr. Wb
A. Muqaddimah
Segala puji bagi Allah SWT yang selalu memberikan hidayah, taufiq dan nikmat-Nya kepada kita sekalian sehingga pada detik ini kita masih bisa merasakan indahnya hidup. Dan alhamdulillah atas kebesaran-Nya pula pada hari ini, sampailah kepengurusan Himpunan Mahasiswa Elektronika (HIMANIKA) FT UNM dihadapkan dengan sebuah sidang Pleno dengan  mempertanggungjawabkan tentang segala kerja dan kinerja selama lebih dari 1 semester atau delapan bulan. Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW, sebagai sang revolusioner sejati yang telah membawa manusia dari zaman kebiadaban menuju zaman yang beradab..

Saudara-saudara peserta sidang Pleno yang saya hormati,

Laporan pertanggungjawaban selama kepengurusan merupakan hal yang penting untuk dilaksanakan, hal ini dipandang penting adalah untuk dapat diketahui dengan terperinci atas segala kegiatan, baik yang telah dilaksanakan maupun yang belum terlaksana. Disamping itu pelaporan pertanggungjawaban ini juga dipandang penting untuk kemudian dapat dilakukan evaluasi atas segala kegiatan yang telah dilakukan demi kedepan yang lebih baik lagi. Sebagai bentuk pertanggungjawaban kami selaku Bidang Humas dan Advokasi himpunan mahasiswa Elektronika (HIMANIKA) FT UNM akan menguraikan secara umum atas segala kinerja yang telah kami laksanakan selama kepengurusan. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi kepengurussan kedepan. Untuk mempermudah dalam menelaah laporan pertanggungjawaban ini, maka kami susun dengan format sebagai berikut :

a. Muqaddimah
b. Kondisi Objektif
  • Kondisi Internal
  • Kondisi Eksternal
c. Kondisi Realitas
d. Program Kerja
e. Realisasi Program Kerja
f. Evaluasi dan Proyeksi
h. Khatimah

B. Kondisi Objektif
1. Kondisi Internal
Kurangnya koordinasi dan komunikasi adalah sesuatu hal yang lazim dalam sebuah organisasi, dan hal itu pula terkadang menjadi permasalahan yang kami hadapi selama kepengurusan ini, terkhusus kami bidang Humas dan Advokasi. Stagnasi perkembangan kampus, serta intervensi birokrasi terhadap Lembaga Kemahasiswaan secara internal sangat mempengaruhi perkembangan Himpunan Mahasiswa Elektronika. Namun masih ada hal yang patut di Syukuri bahwasanya kondisi Ukhuwah/Persaudaraan dilingkup lembaga ini begitu kental, sehingga setidak-tidaknya ada sebuah modal yang cukup berharga dalam rangka pengembangan HIMANIKA. Karena kebersamaan merupakan sebuah kunci untuk suatu perubahan.

Presidium sidang yang kami muliakan

Sepanjang perjalanannya, dalam tubuh HIMANIKA ini telah terjadi resuffle kepengurusan satu kali (Sidang Istimewa 15 Februari 2011),  Terkhusus Bidang Humas dan Advokasi dimana ada beberapa staff yang keluar tidak aktif dan mengundurkan diri,  Tetapi hal itu tidak menjadi alasan buat kami untuk berhenti berjuang. Selama satu semester ini, Alhamdulillah kepengurusan Himpunan Mahasiswa Elektronika (HIMANIKA) FT UNM dipandang mampu melanjutkan perjuangannya dengan lancar, artinya tidak ada persoalan yang dipandang berat sehingga menggangu perjalanannya kepengurusan. Dan sekali lagi alhamdulillah pengurus yang memiliki peran penting dalam kepengurusan semuanya aktif..

2. Kondisi Ekternal
Dinamika Kehidupan Kampus sangat mempengaruhi kondisi kepengurusan Himpunan Mahasiswa Elektronika, Kondisi kampus pada akhir-akhir ini sedang diramaikan dengan terbelenggunya gerakan Lembaga Kemahasiswaan akibat “intervensi “ Birokrat, yang berakibat animo berlembaga mahasiswa mulai surut. Sementara kondisi organsiasi intra kampus, pada saat ini adalah saat dimana kawan-kawan di organisasi intra kampus sedang sibuk dengan urusannya masing-masing, sehingga konsolidasi kadang diabaikan.


C. Kondisi Realitas
Kurangnya kepercayaan masyarakat Elektronika terhadap lembaga ini dapat dilihat dengan munculnya berbagai komunitas di dalam kampus yang sebagian besar menganggap sebagai masyarakat Elektronika mengenggapnya sebagai organisasi “tandingan”, meski telah diupayakan dengan pendekatan persuasive namun terkadang diabaikan.

D. Program kerja
Tidak banyak program kerja yang diamanahkan kepada saya selaku Bidang Humas dan Advokasi Himpunan Mahasiswa Elektronika. Adapun Program Kerja yang diamanahkan kepada kami yaitu:

1.      Anjangsana ke Panti Asuhan (terlaksana pada Awal September 2010)
2.      Dialog Akademik (terlaksana bulan November 2010)
3.      Bakti Sosial (Belum Terlaksana namun Insya Allah Akan Kami laksanakan pada tanggal 22-27 Maret 2011)
4.      Training Advokasi ( Belum terlaksana)

Namun harus kami akui dan sadari meski tidak begitu banyak program kerja yang diamahkan, sangat begitu sulit untuk merealisasikannya. Oleh karena itu mohon maaf kami kepada kawan-kawan sekalian karena belum bisa merealisasikan semua program kerja yang telah direkomendasikan kepada kami.


E. Realisasi Program Kerja
Dalam perjalanannya yang singkat ini kami selaku Bidang Humas dan Advokasi beserta segenap pengurus Himpunan Mahasiswa Elektronika telah melakukan Pengkaderan ”Anjangsana ke Panti Asuhan”, sebagai bentuk kepedulian kita terhadap orang-orang yang kurang mampu dan yang membutuhkan. Dialog Akademik dengan Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika telah kami lakukan guna menekan birokrasi agar dapat merevisi dan memaksimalkan kinerja Jurusan Teknik Elektronika dalam melakukan kegiatan akademik yang selama ini kami anggap rancu, dan sebentar lagi Insya Allah kami akan melaksanakan bakti sosial pada tanggal 22-27 Maret 2011 di Sinjai. Adapun Training advokasi telah kami rencanakan pada bulan april 2011.
Dalam hal ini kami menyadari betul bahwa kinerja kami khususnya selaku Bidang Humas dan Advokasi masih sangat kurang maksimal. Kami juga menyadari adanya beberapa program kerja yang belum terealisasi sampai saat ini. Dan kami menyadari pula bahwa hal ini adalah suatu kekurangan yang suatu hari harus diperbaiki.

E. Evaluasi dan Proyeksi
Dari uraian singkat diatas, maka kemudian perlu untuk dilakukan adanya evaluasi dan proyeksi untuk perbaikan HIMANIKA FT UNM kedepan. Dalam hal ini, Ada banyak hal yang dipandang merupakan kekurangan kami, di antaranya :
  1. Kerja dan Kinerja pengurus dalam setiap agenda program kerja masih kurang.
  2. Koordinasi dan komunikasi diantara pengurus dan kader HIMANIKA yang masih kurang sehingga dalam perjalannya tubuh organisasi ini dipandang agak rapuh.
  3. Menjaga komunikasi yang baik dengan pihak birokrasi kampus
  4. Kurangnya peranan didalam tataran ekternal, baik yang berhubungan dengan masyarakat sekitar maupun dengan organisasi-organisasi non-HIMANIKA  disamping itu pula masih banyak kekurangan-kekurangan yang lain yang sepatutnya jadi koreksi bersama.


Dari semua keadaan ini banyak sekali yang perlu segera dibenahi demi kemajuan HIMANIKA kedepan, yakni:

  1. Mengoptimalkan Kerja dan Kinerja pengurus dalam setiap agenda program kerja
  2. Untuk kepengurusan yang akan datang hendaknya perlu mempertimbangkan kualitas dan dan pengalaman seseorang disaat dimasukan kedalam kepengurusan
  3. Perlu adanya kegiatan yang lebih berkualitas lagi tentunya, yang lebih bisa memicu Ghirah perjuangan kader serta mampu menguatkan kembali budaya intelektual dikalangan kader HIMANIKA sehingga ruh yang telah dibangun sejak Basic Training tidak semakin memudar hal ini dilakukan untuk Penguatan karakter intelektual pada diri kader,
  4. Perlu adanya intensitas koordinasi dan komunikasi disemua lini organisasi
  5. Memberikan kontribusi dan peranan yang lebih besar kepada dunia eksternal






G. Khatimah

Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami buat dengan apa adanya. Sesungguhnya pertanggungjawaban bukan hanya di atas kertas, karena kami menyadari betul bahwa dalam mengemban amanah kepengurusan selama satu semester lebih, dalam kinerjanya begitu banyak meninggalkan kekurangan, oleh karena itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya khususnya kepada pengurus Himpunan Mahasiswa Elektronika dan umumnya kepada Masyarakat Elektronika. Dan tak lupa pula kami sampaikan ucapan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada pengurus khususnya yang telah bekerjasama dalam menyukseskan setiap agenda organisasi, kepada kawan-kawan kader HIMANIKA, serta pihak yang terkait, yang telah membantu kami dalam merealisasikan program kerja HIMANIKA selama satu semester lebih. Semoga segala tetesan keringat yang yang senantiasa menghiasai dalam detik-detik perjuangan ini dinilai ibadah dimata Yang Maha Kuasa dan bermanfaat bagi Ummat. Dan semoga melalui forum ini akan lahir sebuah rumusan cerdas guna kemajuan Himpunan Mahasiswa ke depan.

Billahitaufiq Wal Hidayah
Wassalamualaikum Wr. Wb


Makassar, 06 Maret 2011

PENGURUS
HIMPUNAN MAHASISWA ELEKTRONIKA



Ketua Bidang Humas & Advokasi


0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More